Mas Resa Penyayang kucing. Sangat hobi dengan hal yang berbau teknologi dan bisnis online šŸ‘. [email protected]

11 Jenis Jenis Iklan Dan Contohnya

10 min read

jenis iklan berdasarkan isinya

Jenis jenis iklan – Iklan adalah semua bentuk pesan yang memiliki tujuan untuk mempromosikan sebuah produk bisa barang ataupun jasa. Semua hal yang memiliki kaitan dengan manusia dan memiliki dampak dan perkembangan yang bagus bisa diiklankan.

Iklan biasanya ditayangkan melalui beberapa media publik yang sudah dikenal oleh kalangan masyarakat. Untuk orang yang berkecimpung di dalam dunia bisnis, tentunya tidak asing dengan iklan.

Jenis jenis iklan yang dipromosikan setiap orang maupun perusahaan berbeda-beda, sekaligus wadah dalam penyaluran iklannya. Bisa dibilang setiap iklan yang akan diiklankan memiliki pasar yang berbeda-beda.

Seperti yang kita ketahui pada era sekarang ini iklan kerap sekali muncul dari berbagai sumber media, mulai dari sosial media, media cetak sampai media elektronik lainya.

Sebelum pembahasan kita lanjut seputar jenis jenis iklan, mari kita bhasa sesama pengertian, ciri ciri, tujuan sampai kelebihan dan kekurangan iklan. Tentunya supaya kamu juga lebih paham dengan jenis jenis iklan.

Pengertian Iklan

iklan komersial adalah
liputan6.com

Jelaskan pengertian iklan, nah kalimat ini sering muncul bukan, namun kita hanya tahu bahwa itu merupakan iklan namun belum begitu paham dan bingung bagaimana menjelaskan apa itu pengertian iklan.

Pengertian iklan adalah suatu informasi yang berisikan pesan untuk membujuk orang yang sedang melihatnya dengan maksud untuk menarik perhatian konsumen baik itu jasa maupun barang bentuk fisik.

Iklan tidak hanya untuk komersial saja, namun iklan juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu media penyebar untuk mengajak kepada pembaca supaya melakukan hal yang positif. Misalnya

  1. Bahaya narkoba
  2. Iklan layanan masyarakat
  3. Go green
  4. Buang sampah
  5. dan masih banyak lagi.

Tidak dipungkiri lagi bahwa iklan sangat efektif untuk memberikan informasi, pasalnya kehadiran iklan sangat mampu untuk mendorong hasil penjualan atau closing bagi iklan jualan produk.

14 Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

Setelah kita tahu apa yang dimaksud dengan iklan secara umum dai daslan pembahasan di atas, berikut ini merupakan pengertian iklan menurut para ahli.

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah suatu pesan atau berita yang bisa mendorong, membujuk kepada khalayak ramai supaya tertarik dengan barang atau jasa yang ditawarkan.

Pemberitahuan ini perihal seputar barang atau jasa yang sedang dijual, dipasang di dalam media massa contohnya seperti surat kabar dan majalah atau tempat umum yang lainya.

2. Wikipedia

Iklan menurut wikipedia adalah promosi benda atau barang, jasa tempat usaha atau ide yang harus dibayar oleh sponsor.

Di dalam dunia manajemen pemasaran, iklan merupakan salah satu dari strategi promosi secara global atau keseluruhan.

3. Kriyantono (2008)

Iklan merupakan bentuk komunikasi non-personal atau tidak untuk perorangan dan menjual pesan-pesan secara persuasif dari sponsor yang jelas berguna dalam mempengaruhi orang supaya membeli produk dengan membayar sesuai yang tercantumkan.

4. Durianto (2003)

Iklan menurut Durianto memiliki definisi sebagai salah satu proses komunikasi yang bertujuan untuk membujuk atau menggiring kepada orang supaya mengambil sebuah tindakan yang bisa menguntungkan bagi pembuat iklan.

5. Suhandang (2005)

Menurut beliau, iklan adalah salah satu jenis teknik dalam berkomunikasi kepada massa dengan membayar ruang dan waktu tertentu supaya informasi seputar barang dan jasa yang ditawarkan bisa dipasang sebagai iklan yang tampil di media massa.

6. Gilson & Berkman (1980)

Menurut Gilson & Berkman, iklan adalah media komunikasi persuasif yang direncanakan sedemikian rupa untuk menghasilkan sebuah respon dan membantu tercapainya objektivitas dengan tujuan pemasaran.

7. Russel & Lane (1990)

Pendapat beliau bahwa iklan adalah sebuah pesan yang akan dibayar oleh sponsor dan disampaikan melalui beberapa media massa.

8. Wright (1978)

Menurut beliau pengertian iklan adalah iklan merupakan sebuah proses komunikasi yang memiliki kekuatan yang sangat penting sebagai alat pemasaran yang sangat bisa untuk membantu dalam menjual barang, memberikan layanan dan gagasan melalui saluran tertentu dalam bentuk informasi yang persuasif.

9. Wells (1992)

Iklan adalah salah satu bentuk komunikasi non personal dengan melakukan pengeluaran biaya kepada pihak sponsor dengan menggunakan media massa dan memiliki tujuan untuk membujuk dan memberikan pengaruh kepada penonton.

10. Lee (2004)

Pengertian ikan menurut Lee adalah sebuah komunikasi komersil dan non komersial tentang sebuah organisasi serta produknya ditransmisikan ke khalayak ramai sesuai dengan target melalui berbagai media yang sifatnya umum seperti media massa, contoh televisi, radio, koran, majalah, reklame dan yang lainya.

11. Rhenald Kasali (1992)

Iklan menurut Rhenald Kasali adalah secara sederhana iklan merupakan sebuah pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat melalui berbagai media.

12. Kotler (2002)

Iklan merupakan sebuah bentuk penyajian dan promosi tentang ide, barang ataupun jasa secara non-personal ole suatu sponsor tertentu yang memerlukan biaya anggaran.

13. Fandy Tjiptono

Iklan merupakanĀ  salah satu bentuk promosi yang paling banyak digunakan oleh perusahaan dalam mempromosikan produk-produknya.

14. Menurut undang-undang Nomor 32 Tahun 2002 Tentang penyiaran

Menurut Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran dalam Pasal 1 angka 5 mendefinisikan iklan sebagai siaran iklan, yaitu ā€œsiaran informasi yang bersifat komersial dan layanan masyarakat tentang tersedianya jasa, barang, dan gagasan yang dapat dimanfaatkan oleh khalayak dengan atau tanpa imbalan kepada lembaga penyiaran yang bersangkutanā€.

Unsur Unsur Iklan

gambar iklan minuman
koinworks.com

Nama Produk

Unsur unsur iklan yang pertama harus kamu ketahui adalah nama produk. Mengapa nama dalam produk sangat penting dalam unsur iklan, karena produk atau jasa yang diiklankan harus memiliki nama sebagai identitas dari produk yang ditawarkan.

Informasi yang ada dalam produk juga harus terlihat menonjol supaya mudah untuk dikenal oleh banyak orang terutama orang yang baru saja melihat iklan yang baru atau iklan fresh.

Oleh sebab itu pemakaian nama produk yang tepat sangat cocok sekali sebagai salah satu media dalam memperkenalkan produk. Gunakan ide sekreatif mungkin sebagai calon pembeli supaya calon pembeli akan lebih tertarik.

Jika pembeli puas dengan produk atau jasa maka, pembeli akan kembali untuk membeli jasa atau produk tersebut. jadi kamu juga akan lebih menghemat biaya iklan.

Gambar Produk

Setelah kamu berhasil menemukan unsur unsur iklan yang opertam dengan nama yang pas, kemudian kamu harus menyiapkan gambar produk atau jasa yang menarik.

Gunakan gambar yang bagus supaya terlihat profesional, selain menarik perhatian orang pun akan lebih percaya dan ingin mencoba untuk membelinya.

Era saat ini memang pemakaian gambar atau bisa disebut unsur visual dalam iklan sangat berpengaruh, sebelumnya iklan hanya berbentuk teks tulisan promosi. Namun dengan perkembangan zaman kini terus berkembang hingga sekarang iklan berupa gambar dan video visual yang menarik.

Kamu bisa memadukan beberapa unsur unsur ke dalam iklan kamu misalkan, memadukan unsur teks, gambar bergerak, video, audio serta musik dalam pembuatan iklan supaya lebih trendi dan kekinian seperti anak milenial sekarang yang kece-kece.

Keunggulan

Di dalam iklan jangan lupa juga untuk menampilkan sebuah keunggulan yang akan didapat oleh audien jika sampai membeli produk atau jasa tersebut.

keunggulan dalam iklan akan menambahkan nilai plus dan bisa menjadi salah satu alasan untuk memperkuat daya tarik pembeli.

Teks Deskripsi

Kalimat deskripsi atau teks dalam iklan sangat penting sebagai salah satu pendorong untuk lebih memperjelas dan menguraikan spesifikasi produk atau layanan jasa yang diiklankan. Pemakaian kalimat atau teks deskripsi harus menarik, tidak membosankan dan mudah sekali untuk orang fahami.

Teks Persuasif Atau Ajakan

Selain deskriptif atau ajakan. Fungsi dari kalimat persuasif ini berfungsi sebagai kalimat mengajak atau membujuk orang untuk memaki suatu produk atau jasa yang sedang diilankan.

Teks atau kata kata dalam iklan harus singkat dan berbentuk slogan agar mudah diingat oleh banyak orang.

Menarik Perhatian

Unsur iklan yang berikutnya adalah daya tarik, iklan yang dipasang harus memiliki daya tarik yang sesuai dengan minat atau ketertarikan dengan target konsumen.

Sehingga calon pembeli merasa ingin lebih tahu tentang produk atau layanan jasa yang sedang diiklankan tersebut.

Membagun Minat Pembeli

Mebangun minat pembeli itu dangat penting dalam promosi produk atau layanan jasa. Unsur iklan ini hampir mirip dengan menarik perhatian audiens. keluarkan ide ide kreatif kamu untuk bisa menarik perhatian dari konsumen.

Keinginan

Iklan yang sedang tayang harus mampu memecahkan masalah yaitu keinginan dari konsumen.

Pihak pengiklan juga harus menemukan suatu cara untuk menggerakkan keinginan suatu konsumen melalui iklan.

Kepercayaan No Hoax

Unsur kepercayaan dalam iklan sangat penting untuk mendapatkan rasa percaya dalam diri audiens atau konsumen.

Oleh sebab itu, dalam iklan harus terdapat berbagai aspek sebagai bukti atau testimoni untuk menyakinkan konsumen.

Informasi Kontak Penjual

Unsur-unsur iklan yang terakhir adalah mencantumkan nomor kontak penjual yang masih aktif dan bisa dihubungi.

Kamu sangat perlu untuk mencantumkan nomor HP yang bisa diakses secara online dan offline, maksud nya bisa dengan pulsa maupun internet seperti whatsapp.

Selian nomor kamu juga bisa mencantumkan nama media sosial, facebook, instagram, channel youtube dan juga alamat toko penjual.

Dengan mencantumkan semua informasi tersebut pasti akan membuat calon pembeli lebih percaya dengan toko.

Ciri Ciri Iklan

Dibawah ini adalah ciri ciri iklan yang kami rangkum dari berbagai sumber.

  1. Iklan harus memiliki isi yang jelas, singkat, jujur, menarik, objektif dan tidak menyinggung pihak yang lainnya.
  2. Iklan harus bersifat informatif, maksudnya iklan harus bersifat memberikan penjelasan, khususnya tentang produk atau jasa yang sedang ditawarkan.
  3. Bahasa yang digunakan dalam iklan mudah dipahami dan dimengerti. Dengan penggunaan bahasa yang mudah pahami, iklan akan lebih mudah menarik perhatian audiens untuk menggunakan produk yang diiklankan.
  4. Iklan dikemas secara praktis, menarik dan sekiranya bisa menarik perhatian audiens.
  5. Iklan bersifat persuasif atau mengajak. Hal ini bertujuan untuk menarik simpati audiens agar mau mencoba dan memakai produk yang diiklankan.

Jenis Jenis Iklan Dan Contohnya

gambar iklan media cetak
omsetgo.com

Diantara ciri-ciri iklan diatas yang sekiranya sudah kamu pahami, iklan harus menonjolkan keunggulan produk atau jasa supaya mampu mempengaruhi konsumen.

Tentunya iklan bisa ditemukan di berbagai tempat mulai dari T=siaran TV, radio, koran internet atau online hingga pamflet jalan.

Faktanya memang ada banyak sekali jenis jenis iklan baik itu komersial maupun nonkomersial.

Dibawah ini akan kami jelaskan tentang jenis jenis iklan beserta gambar dan contohnya secara lengkap, mulai dari isinya, medianya dan tujuannya.

Jenis Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Macam-macam iklan berdasarkan isinya terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  • Iklan pemberitahuan
  • Iklan penawaran produk atau jasa
  • Iklan layanan masyarakat

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan ini biasanya berasal dari instansi atau sebuah lembaga baik itu pemerintahan, organisasi maupun desa. Jenis ikan ini juga memiliki tujuan untuk memberikan penjelasan dan pencerahan mengenai sesuatu hal supaya dapat meningkatan kesadaran diri dari masyarakat terhadap isu-isu yang beredar.

Nah, untuk contoh iklan layanan masyarakat dalam pembahasan kali ini adalah sebagai berikut:

  1. Iklan pemilu
  2. Iklan keluarga berencana
  3. Iklan tentang covid-19
  4. Iklan melestarikan budaya bangsa
  5. Iklan tentang sampah
  6. Iklan menghemat listrik
  7. Dan masih banyak lagi contohnya.

Untuk lebih jelasnya kami juga telah mambahasa sebelumnya tentang contoh iklan layanan masyarakat sebagai salah satu referensi yang bisa kamu pakai.

Iklan Pengumuman atau Pemberitahuan

Macam-macam iklan berdasarkan isi berikutnya adalah iklan pengumuman atau pemberitahuan.

Iklan pengumuman dibuat bertujuan supaya bisa menarik perhatian masyarakat tertentu. Isi dari iklan ini diantaranya:

  1. Event
  2. Pesta
  3. Perlombaan
  4. Berita
  5. Duka cita
  6. Dan masih banyak lagi.

Iklan Penawaran

Jenis iklan berdasarkan isinya yang terakhir adalah iklan penawaran.

Iklan penawaran bisa secara online maupun offline. Nah iklan ini juga sering dan sangat kerap kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Iklan penawaran atau niaga merupakan jenis iklan yang memiliki tujuan untuk menawarkan berupa barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat, perusahaan, perorangan maupun bisa dikatakan kepada khalayak ramai.

Dengan pemasaran yang luas, iklan penawaran atau niaga menjadi iklan unggulan yang banyak sekali tayang di berbagai media untuk bisa tersampaikan kepada konsumen.

Adapun contoh iklan penawaran atau niaga adalah sebagai berikut:

Iklan barang: Sepatu, tas, makanan, obat-obatan, barang elektronik, kosmetik atau kecantikan dan masih banyak lagi.

Iklan layanan jasa: jasa pengobatan, jasa service, ojek online dan yang lainya.

Jenis Jenis Iklan Berdasarkan Media

Macam-macam iklan berdasarkan medianya dalam pembahasan ini terbagi menjadi 4 jenis, 4 jenis itu adalah:

  1. Iklan Media Cetak
  2. Iklan Luar Ruangan
  3. Iklan Elektronik
  4. Iklan Internet Atau Online

Nah, berikut ini penjelasan dan contohnya.

Iklan Media Cetak

Pembahasan yang pertama adalah iklan media cetak. Sudah paham dengan iklan ini belum? iklan media cetak adalah salah satu iklan yang dibuat dengan cara dicetak yang pada intinya berupa bentuk fisik bukan digital.

Iklan media cetak seringkali kita jumpai di media cetak seperti koran, majalah, selebaran, poster, banner, spanduk dan yang lainya.

Iklan media cetak terdapat ketentuan dan ketetapan dalam membuatnya, karena juga menentukan dimana iklan tersebut akan dipasang.

Adapun ketentuan dalam jenis iklan media cetak ini adalah:

  1. Jenis iklan media cetak memilikiĀ  lebih dari empat baris atau tidak sampai dari kolom iklan.
  2. Iklan cetak dalam kolom berukuran lebih tinggi apabila dibandingkan dengan iklan baris.
  3. Tampilan display pada iklan media cetak biasanya memiliki ukuran yang lebih luas.

Pembahasan yang pertama adalah iklan media cetak. Sudah paham dengan iklan ini belum? iklan media cetak adalah salah satu iklan yang dibuat dengan cara dicetak yang pada intinya berupa bentuk fisik bukan digital.

Iklan media cetak seringkali kita jumpai di media cetak seperti koran, majalah, selebaran, poster, banner, spanduk dan yang lainya.

Iklan media cetak terdapat ketentuan dan ketetapan dalam membuatnya, karena juga menentukan dimana iklan tersebut akan dipasang.

Adapun ketentuan dalam jenis iklan media cetak ini adalah:

  • Jenis iklan media cetak memilikiĀ  lebih dari empat baris atau tidak sampai dari kolom iklan.
  • Iklan cetak dalam kolom berukuran lebih tinggi apabila dibandingkan dengan iklan baris.
  • Tampilan display pada iklan media cetak biasanya memiliki ukuran yang lebih luas.

Iklan Luar Ruangan

Out of home atau iklan luar ruangan adalah jenis iklan yang media pemasarannya mencakup masyarakat yang berada pada luar rumah. Iklan ini bisa dikatakan juga dengan iklan media cetak, namun karena segmennya yang berbeda dan sering juga kita temui di jalan-jalan.

Adapun contoh jenis iklan luar ruangan ini adalah spanduk, iklan papan billboard dan yang lainnya.

Iklan Elektronik

Sesuai dengan namanya iklan elektronik adalah iklan modern yang kini sering kita lihat di berbagai media sosial karena iklan ini dalam penayangan iklan nya hanya muncul di media elektronik.

Iklan media elektronik ini sering kita jumpai di media seperti berikut ini penjelasanya:

  • Iklan televisi yang sangat menonjolkan editing video visual dan audio sebagai media untuk penyampaian isi dan tujuan dalam iklan.
  • Iklan radio yang lebih berfokus pada intonasi suara yang mengajak dan menyampaikan isi dalam iklan.
  • Iklan luar ruangan seperti yang berada dalam bus, taksi, terminal dan stasiun yang juga menggunakan media elektronik.

Iklan Internet Atau Online

Macam-macam iklan berikutnya adalah iklan internet atau iklan online.

Iklan online atau iklan internet adalah jenis iklan yang disampaikan dengan menggunakan media internet yang hanya diakses secara online.

Iklan ini sebenarnya juga masih tergolong dengan iklan elektronik namun karen konteksnya berbeda maka tidaklah sama.

Iklan online atau elektronik sering kali kita temui di sebuah situs website, blog, sosial media, mesin pencari.

Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Tujuan

Macam-macam iklan yang terakhir adalah iklan berdasarkan tujuannya.

Tujuan dalam pemasaran iklan ini ternyata ada dua, apa saja:

  1. Iklan komersial
  2. Iklan non komersial.

Adapun penjelasan ada di bawah ini.

Iklan Komersial

Iklan komersial adalah iklan yang memiliki tujuan berbisnis atau memperoleh keuntungan ekonomi dan finansial untuk meningkatkan penjualan.

Adapun diantara sedikit dari contoh iklan komersial adalah:

Iklan jual sepeda motor, handphone, laptop dan barang yang lainya.

Nah, kemudian iklan komersial ini juga dibagi menjadi 3 jenis lagi, yaitu:

  • Iklan konsumen yang bertujuan untuk mencari keuntungan yang mana sasaran dalam iklan ini adalah konsumen aktif.
  • Iklan bisnis adalah iklan yang memiliki tujuan untuk mencari relasi bisnis, dimana sasarannya adalah mitra distributor, agen, reseller dan penyalur produk.
  • Iklan profesional merupakan iklan yang mencari keuntungan ekonomi dengan sasaran pasarnya adalah kalangan orangĀ  atau pun perusahaan dalam tingkat profesional.

Iklan Non-Komersial

Pembasahan berikutnya adalah iklan non komersial. Iklan non komersial ini berbeda dengan iklan komersial yang tujuannya lebih ke dalam dunia bisnis atau ekonomi.

Iklan non komersial merupakan jenis iklan yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi penting yang tentunya tidak berkaitan dengan jual beli.

Sehingga iklan komersial ini sering kali digunakan dalam iklan layanan masyarakat atau iklan sosial. Mengapa disebut demikian, karena iklan ini digunakan untuk kepentingan bersama untuk memperoleh keuntungan secara bersama-sama berupa informasi penting.

Keuntungan bersama yang dimaksud adalah bertambahnya wawasan, kesadaran diri dan juga dapat mengubah perilaku atau kebiasaan kurang baik orang yang hidup di lingkungan masyarakat.

Adapun sedikit contoh dari iklan non komersial ini adalah:

  • Iklan menjaga kebersihan.
  • Hindari narkoba.
  • Iklan keluarga berencana.
  • Tata cara untuk membayar pajak.

Fungsi Dan Tujuan Iklan

iklan media cetak
siapbisnis.net

Fungsi dan tujuan iklan adalah untuk meningkatkan penjualan, selain itu dengan menggunakan iklan dapat membentuk citra produk yang diproduksi lebih dikenal oleh konsumen sehingga bisa menumbuhkan kesadaran merek.

  • Untuk menginformasikan suatu produk atau jasa kepada khalayak ramai.
  • Dapat memotivasi konsumen terhadap suatu produk atau layanan jasa.
  • Untuk menarik perhatian konsumen terhadap suatu produk atau layanan jasa.
  • Mendukung komunitas bisnis-bisnis yang ada.
  • Membangun serta memelihara hubungan baik antara konsumen dengan perusahaan yang menyediakan produk atau layanan jasa.

Kelebihan Dan Kekurangan Iklan

iklan penawaran
infodigimarket.com

Kelebihan Iklan

  • Kelebihan yang pertama, pihak pengiklan bisa secara berulang dalam melakukan iklan kepada konsumen.
  • Jangkauan dalam iklan sangat luas, sehingga dapat mendapatkan audiens yang sangat banyak, tidak hanya wilayah bahkan bisa nasional.
  • Dapat menjadi cermin perusahaan dengan menunjukkan besarnya perusahaan yang dilihat dari mutu, ukuran, media yang digunakan.
  • Pembeli akan lebih tertarik dengan iklan karena lebih banyak pembaca atau penonton dan pendengarnya (kredibilitas tinggi).
  • Untuk iklan media cetak bisa berumur panjang dalam waktu yang lama.
  • Mempermudah dalam proses positioning produk karena iklan dapat dilihat oleh seluruh orang dalam kehidupan sehari-hari kapanpun dimanapun iklan bisa ditayangkan.
  • Lebih mudah dalam menyampaikan suatu produk dan membuat konsumen lebih mengerti dan paham akan produk atau jasa yang diiklankan.

Kekurangan Iklan

  • Anggaran dana untuk melakukan iklan cukup besar.
  • Iklan bisa diabaikan oleh audiens karena kurang menarik dan tidak sesuai dengan kebutuhan yang sedang dicari.
  • Iklan di skip karena banyaknya persaingan dalam iklan.
  • Ilan hanya bisa melakukan monolog, bukan dialog dengan konsumen. Sehingga konsumen tidak bisa menanggapi secara langsung terhadap iklan.

Mungkin cukup sekian pembahasan tentang jenis jenis iklan, semoga artile kami bisa membantu kamu dalam mencari sebuah inspirasi dan sedikit pengetauan.

Mas Resa Penyayang kucing. Sangat hobi dengan hal yang berbau teknologi dan bisnis online šŸ‘. [email protected]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *