Mas Resa Penyayang kucing. Sangat hobi dengan hal yang berbau teknologi dan bisnis online 👍. [email protected]

Contoh Teks Iklan Untuk Promosi Produk / Jasa

9 min read

teks iklan adalah

Contoh teks iklan – Seperti yang kita ketahui bahwa iklan adalah salah satu cara cara yang paling efektif dalam promosi produk atau layanan jasa.

Namun banyak dari pihak perusahaan atau pengusaha yang juga mencari contoh teks iklan sebagai salah satu bahan referensi untuk membuat iklan. Kualitas iklan yang disajikan dapat berpengaruh besar terhadap reputasi dan pebisnis atau perusahaan yang membuat iklan.

Komposisi iklan yang menarik dan ringkas, dapat mengundang banyak konsumen. Oleh sebab itu untuk mempermudah dalam membuat naskah iklan, berikut ini akan kami sampaikan beberapa contoh teks iklan sebagai bahan inspirasi membuat iklan promosi produk atau layanan jasa yang sedang kamu jalankan.

Pengertian Teks Iklan

teks iklan contoh
referensisiswa.my.id

Teks iklan adalah salah satu metode yang bisa digunakan untuk melakukan promosi baik itu produk atau layanan jasa kepada masyarakat. Iklan biasanya juga disebut dengan reklame yang ditampilkan di media massa maupun surat kabar.

Supaya dapat menarik perhatian masyarakat atau calon konsumen iklan dirancang dengan komposisi gambar, video, teks iklan dan audio supaya menarik.

Teks iklan juga bisa diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak ramai akan suatu barang atau layanan jasa.

Sebelum iklan diluncurkan atau ditayangkan di media, kamu juga perlu untuk membuat naskah panduan tentang SOP iklan sehingga struktur dan kaidah kebahasaan iklan mudah dipahami dan dimengerti oleh audiens.

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

Menurut Dunn dan Barban (Widyatama, 2007:15) iklan adalah suatu bentuk kegiatan berkomunikasi non personal yang disampaikan melalui bantuan media dalam penyampaian pesan yang bersifat persuasif atau membujuk kepada konsumen yang dilakukan oleh perusahaan, lembaga non komersial maupun pribadi yang ada maksud dan tujuan tertentu.

Sedangkan menurut pendapat lain yaitu Liliweri (2011) iklan adalah suatu bentuk komunikasi untuk mempersisi para pendengar, audiens, pemirsa dan pembaca supaya bisa memutuskan untuk melakukan tindakan tertentu.

Struktur Teks Iklan

Pada dasarnya teks iklan memiliki struktur yang sama, adapun 3 struktur yang harus masuk di dalam teks iklan adalah:

  • Orientasi: bagian awal yang berisikan perkenalan tentang produk atau layanan jasa yang sedang tayang.
  • Tubuh Iklan: Pembahasan tentang inti dari permasalah yang sedang dipromosikan atau ditawarkan dalam iklan.
  • Justifikasi: Struktur ini merupakan akhir dari isi yang memperjelas sehingga mempermudah publik atau khalayak ramai dalam mengakses barang ataupun jasa yang ditawarkan. Biasanya dilengkapi dengan nomor yang bisa dihubungi handphone atau whatsapp, akun sosial media yang aktif, website, alamat email, alamat perusahaan atau kantor dan yang lainya.

Unsur Unsur Kebahasaan Teks Iklan

Iklan memiliki kebahasaan, sehingga tidak boleh sembarangan dalam pembuatannya, sehingga iklan akan lebih menarik dan berkesan.

Berikut ini adalah unsur kebahasaan dalam membuat teks iklan .

  1. Kalimat persuasif merupakan kalimat yang berisikan tentang ajakan atau anjuran dengan tujuan supaya pembaca mau  menjalankan atau menerima suatu hal yang dikatakan oleh seseorang.
  2. Kalimat interogasi atau perintah adalah kalimat yang memiliki makna untuk memberikan perintah ataupun larangan kepada orang lain untuk melakukan suatu hal.
  3. Kalimat interogatif adalah kalimat yang mengandung pertanyaan, baik itu pertanyaan langsung maupun tidak langsung.
  4. Kalimat berita adalah susunan kalimat yang memberikan sebuah informasi tentang barang, jasa kartun informasi penting yang lainya.
  5. Kalimat seru merupakan susunan teks yang menyatakan kekaguman  atau kehebatan dalam suatu produk atau layanan jasa.

Jenis Jenis Teks Iklan

gambar iklan layanan masyarakat
kindpng.com

Adapun jenis jenis iklan adalah sebagai berikut ini;

  • Iklan pengumuman adalah iklan yang memiliki tujuan untuk memberitahukan kepada masyarakat mengenai hal yang penting seperti kelahiran, ulang tahun dan yang lainya.
  • Iklan undangan adalah iklan yang ditujukan kepada perorangan dengan tujuan untuk mengajak ikut serta dalam sebuah parti atau acara tertentu, contohnya seperti pernikahan.
  • Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang menjelaskan kepada masnyartaklata mengenai sebuah program baru yang harus diketahui oleh masyarakat. Program baru ini biasanya berasal dari pemerintah atau swasta. Contoh ilanlayana masyarakat adalah keluarga berencana, menjaga kebersihan, hemat listrik dan yang lainya.
  • Iklan permintaan contohnya seperti iklan lowongan pekerjaan
  • Iklan penawaran adalah iklan yang isi dan maksudnya tentang promosi produk atau layanan jasa.
  • Iklan artikel adalah iklan panjang tentang suatu hal yang mencakup kelebihan dan keunggulan produk atau layanan jasa.

Ciri Ciri Teks Iklan

Setelah kita tahu apa saja jenis-jenis teks iklan berikut ini adalah ciri kebahasaan teks iklan yang juga penting untuk kamu pelajari.

  • Bahasa yang dipakai dalam iklan akan memberikan pengaruh yang cukup signifikan, sehingga ketika orang bisa terpengaruh dapat membuat orang tertarik untuk membeli atau memakai produk tersebut.
  • Pengenalan dan penjelasan akan suatu produk atau layanan jasa terhadap masyarakat.
  • memakai kalimat fakta dan pendapat.

Contoh Teks Iklan

gambar iklan pemberitahuan
pngitem.com

Teks iklan merupakan salah satu hal yang penting dalam pembuatan iklan. Teks iklan juga merupakan materi pembelajaran yang dipelajari oleh siswa SMA/SMK. Materi yang menjadi cabang dari Bahasa Indonesia ini sangat mudah untuk dikuasai karena memiliki sifat yang kongkrit dan bisa ditemukan dalam kehidupan sehari0-hari.

Secara teknis teks yang masuk ke dalam kategori hanya tersusun 2 unsur yaitu judul dan deskripsi atau penjelasan singkat dari isi iklan.

Nag, berikut ini merupakan contoh teks iklan yang bisa kamu gunakan sebagai bahan inspirasi dalam pembuatan iklan kamu baik untuk tugas sekolah maupun iklan dalam produk atau layanan jasa kamu.

Contoh Teks Iklan Produk

Pembahasan yang pertama adalah iklan produk, iklan yang paling sering kita semua jumpai terutama pada era milenial saat. Ada banyak sekali media yang menyajikan iklan mulai dari televisi, handphone, laptop, sosial media dan yang lainya.

Ada banyak sekali perusahaan besar yang berkecimpung dalam iklan, hingga kini tersedia banyak sekali perusahaan yang juga menjual jasa pembuatan iklan sebagai pembantu perusahaan ataupun owner bisnis dalam dunia beriklan.

Contohnya saja iklan singkat yang semua orang Indonesia tahu yaitu iklan produk Sprite dengan slogan yang berbunyi “Nyatanya nyegerin”. Iklan ini pun terbukti karena orang mudah ingat dan mudah dikenal oleh masyarakat.

Contoh kedua kita pakai iklan produk Yakult, siapa sih yang juga gak kenal dengan produk yang satu ini.

Teks iklan dan slogannya berbunyi “Cintai ususnya, minum yakult setiap hari”. Teks iklan penjualan yang menggunakan kalimat persuasif dan perintah dalam slogannya. 

Iklan produk yang bagus adalah seperti iklan Sprite dan Yakult memiliki teks iklan dan slogan tersendiri yang bisa membuat orang jadi faham dan familiar dengan iklan tersebut.

Secara garis besar iklan produk bersifat pasif sehingga bahasa teks iklan produk pun sebaiknya ditata dan disusun dengan semaksimal mungkin. Unsur yang bisa digabungkan diantaranya komunikatif, unik dan mudah untuk diingat yang dikombinasikan menjadi kalimat singkat.

Contoh Teks Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat merupakan salah satu jenis iklan yang menampilkan pesan sosial yang ditujukan kepada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat terhadap isu hoax yang tersebar.

Adapun kriteria yang sangat menonjol dari teks iklan layanan masyarakat adalah:

  1. Tidak bertujuan untuk jualan atau komersil.
  2. Ditujukan kepada masyarakat umum atau bersifat umum.
  3. Diperuntukkan untuk semua lapisan masyarakat.
  4. Berdampak tinggi dalam kehidupan masyarakat.

Nah contoh iklan layanan masyarakat seperti berikut:

  • Jauhilah narkoba, jangan sampai narkoba membuatmu kecanduan.
  • Narkotika dilarang oleh agama dan negara karena menyengsarakanmu, jauhilah selagi sempat.
  • Stop merokok, selamatkan jantung dan paru-paru Anda.
  • Patuhilah peraturan rambu-rambu lalu lintas demi keselamatanmu.

Contoh Teks Iklan Bahasa Inggris

Sama halnya dengan teks atau naskah iklan diatas, teks iklan bahasa Inggris menggunakan naskah dengan bahasa Inggris dalam pemasaran iklannya. Perbedaan dengan iklan yang lainnya hanya itu saja, sehingga teks iklan bahasa Inggris bisa sebagai iklan dengan tujuan komersial dan juga bisa untuk non kompresi.

Berikut ini merupakan contoh teks iklannya:

Sumsang, your number one gadget developer is releasing the newest smartphone. In this series, you can get low price smartphone but on the Highly Quality

Spesification:

  • GHz Quad-Core Snap Monster
  • 6,4-inch screen
  • 8GB RAM with 256GB Memory Internal
  • Triple Camera, 45MP, 15MP, 8MP and one Selfie Camera 45MP
  • Dual SIM card
  • Only Rp 2.799.999

Samsung, the future on your fingers!

Teks Iklan Baris

Iklan baris merupakan iklan yang terdiri atas naskah dengan 3 sampai 4 baris saja. Ruang dalam iklan juga terbatas sehingga membuat pihak yang beriklan akan membatasi kata-kata dalam promosi iklan.

Perlu kamu ketahui juga bahwa iklan baris bisa dimanfaatkan untuk menjual barang berupa produk atau layanan jasa, tapi terkadang juga dimanfaatkan sebagai jasa mencari jodoh.

Nah ini cocokkan buat kamu yang memang serius mau mencari jodoh hehe.

Tarif atau harga dalam iklan baris juga bervariatif, hal yang unik dan menarik dari iklan baris ini adalah jumlah kata dalam iklan yang menjadi harga ilannya nanti, jadi buka bagusnya desain atau editingnya.

Karena keterbatasan tempat ini lah yang menjadi iklan baris unik dan menarik juga, pesan yang disampaikan harus padat dan jelas.

Berikut ini merupakan contoh teks iklannya:

Dijual Sgr. HP SMS. Kondisi bgs & grnsi, 2,8 jt nego Hub. 087123456876

Teks Iklan Shampo

Kamu pengguna shampo apa, setiap orang pasti memiliki shampo yang cocok tersendiri.

Namun pernah gak sih kamu perhatikan iklan yang muncul di tv atau media sosial tentang shampo.

Iklan ini pastinya sangat identik dengan rambut indah. Tapi dalam pembahasan ini kita membahas teksnya ya bukan shamponya heh.

Pemilihan kata-kata dalam iklan adalah hal yang penting, iklan yang pada umumnya dimuat dengan singkat sehingga terdapat alurnya masing-masing.

karena shampo adalah salah satu produk untuk kebutuhan rambut manusia, oleh sebab itu iklan yang dibuat tidaklah jauh-jauh dari rambut.

Contoh teksnya adalah:

Pasti menggunakan kata segera: Kamu mau rambut kamu hitam dan berkilau? cukup pakai shampo blabla, dengan pemakaian rutin, rambut indah hitam dan berkilau.

Contoh Teks Iklan Produk Makanan

Iklan produk adalah jenis iklan yang termasuk ke dalam kategori iklan niaga.

Tujuan dari iklan produk makanan yaitu untuk mempromosikan, memperkenalkan dan juga menawarkan produk yang diiklankan supaya lebih dikenal oleh masyarakat atau audiens.

Iklan produk makanan dalam penayangan atau media promosinya sama halnya dengan iklan yang lainya yaitu dengan menggunakan media televisi, reklame, banner, poster, video dan sejenisnya.

Namun tetap saja karena dalam pembuatan iklan yang sangat perlu diperhatikan terutama dalam iklan produk makanan adalah pemilihan kata slogan atau tagline dari sebuah produk.

Nah, berikut ini merupakan contoh slogan yang cukup familiar pada era sekarang ini:

  • Jagonya ayam (KFC)
  • I’m Lovin It (McDonald’s)
  • Taste Is King (Burger King)

Sementara untuk teks atau naskah iklannya adalah:

Ini baru burger yang beda, renyahnya mantul, patty daging ayam yang utuh dipadu dengan mayonaise, zuper saus, keju cheddar, fresh lettuce KFC ZUPER KRUNCH nikmati tiap gigitan. sensasional, baru, KFC ZUPER KRUNCH. mulai 22.000an (Iklan produk KFC)

Contoh Teks Iklan Produk Minuman

Air adalah kebutuhan yang sangat utama bagi manusia untuk bertahan hidup.

Air minum yang berasal dari sumber mata air yang bersih dan jernih, bisa dari pegunungan maupun air hujan yang belum terkontaminasi dengan polusi udara.

Selain air putih, kini ada banyak sekali perusahaan yang memproduksi air dengan berbagai rasa. produk ini dinamakan minuman ringan, ada banyak sekali perusahaan yang memproduksinya, jenis minuman ringan seperti teh, kopi, aneka jus buah, soda dan masih banyak lagi.

Namun dalam persaingan usaha para produsen tidak ingin kalah bersaing dengan produk lain, sehingga mereka berlomba-lomba dalam membuat iklan dan beriklan di berbagai media televisi, social  media, poster dan yang lainya.

Nah, berikut ini merupakan contoh teksnya:

Kopi good day, karena hidup perlu banyak rasa.

Ichi ocha, minuman teh melati.

Manisnya marjan, begitu banyak rasa.

Contoh Teks Iklan Promosi Sekolah

Setelah kita tahu iklan diatas merupakan iklan yang paling banyak adalah ilan dengan tujuan jualan atau promosi produk.

Nah kini juga ada banyak sekali iklan promosi sekolah mulai dari sekolah TK, SD, SMP, SMA, SMK sampai Universitas atau perguruan tinggi.

Iklan promosi sekolah paling sering atau paling banyak tentang penerimaan siswa didik baru.

Berikut ini adalah contoh teks untuk promosi sekolah:

TK Islam … Mendampingi dengan Sepenuh Hati

SD Negeri … Cerdas Kreatif dan Berakhlak Karimah

SMP Negeri … Datang dan Jadilah Bagian dari Kami

SMA Negeri … Guru dan Murid Berprestasi Tinggi

SMK Negeri … Mencetak Siswa Mandiri

Teks Iklan Niaga

Iklan niaga adalah salah satu jenis iklan yang merupakan bagian dari iklan produk.

Tujuan dari iklan niaga antara lain untuk mempromosikan produk makanan ataupun minuman yang dikelola oleh perusahaan demi meraih keuntungan.

Berikut ini merupakn contoh teks promosi iklan niaga:

Chitato dari kentang asli pilihan, yang bikin kelezatan bumbu chitato

menyatu di setiap lekukannya rasanya? hmmm asli. benar benar terasa.

Saat nongkrong. Saatnya CHITATO.

Teks Iklan Non Niaga

Dalam pembuatan iklan non niaga, ada beberapa bagian yang sangat penting bukan gambar melainkan pesan yang terkandung di dalamnya. Dan perlu kamu ketahui juga bahwa iklan non niaga memiliki tujuan yang berbanding terbalik dari iklan niaga. Dimana iklan non niaga tidak untuk meraup keuntungan namun hanya memberikan informasi penting untuk disampaikan kepada masyarakat.

Berikut ini merupakan contoh teksnya:

Hematlah energi listrik untuk bumi yang lebih baik.

Stop merokok, untuk selamatkan jantung dan paru-paru Anda.

Contoh Teks Iklan Radio

Radio adalah media elektronik yang bisa digunakan untuk mengiklankan produk maupun layanan jasa. Radio pernah menjadi media penyebaran nomor satu pada masanya, tepatnya sebelum adanya televisi.

Walaupun demikian, radio kini masih sangat memungkinkan untuk mengisi waktu luang kamu.

Sehingga hingga saat ini iklan radio masih cocok untuk dipakai juga. Iklan dalam radio dibacakan dengan intonasi yang tepat dan lancar, sehingga sangat diperlukan teks atau naskah sebagai pemandu ketika mulai berpromosi iklan di radio.

Berikut ini merupakan contoh teksnya:

Iklan sabun kecantikan.

A : “Wah, kulitmu kok halus sekali, cerah lagi. Pakai sabun apa?”

B : “Ini lho, aku tu pakai sabun Beauty yang dilengkapi dengan scrub halus yang mampu mengangkat sisa kotoran di kulit. Selain itu, aroma sabun yang menenangkan sehingga membuat mandi terasa lebih menyenangkan.”

A : “Wah, kayaknya produk bagus tuh. Pasti harganya mahal.”

B : “Jangan salah, meskipun memiliki kualitas yang bagus, sabun “Beauty” dibanderol dengan harga yang terjangkau.”

A: “Oh gitu ya, aku mau coba beli deh.”

Contoh Teks Iklan Bahasa Jawa

Iklan menggunakan bahasa Jawa merupakan iklan khusu untuk orang yang tinggal di pulau Jawa, karena hanya orang asli Jawa saja yang paham akan maksudnya.

Namun karena ada banyak orang luar Jawa yang sedikit paham karena sering mendengar dan hidup pada lingkungan orang Jawa. Ada banyak sekali perusahaan komersial yang membuat iklan dengan logat khas orang Jawa, supaya bisa lebih dekat lagi dengan orang-orang yang mayoritas di Indonesia.

Iklan yang tampil di Internet, media sosial, TV dan lainya, banyak tersebar materi iklan bahasa Jawa.

Untuk kamu yang mau membuat iklan bahasa jawa berikut ini adalah contoh teks yang bisa kamu buat sebagai bahan referensi.

“Sing Dobel Tansah Nggawe Wareg!”

Super Gede 2 – @ pitik + Sega + Pepsi 

Khusus mangan ing panggonan

50% off rebo spesial

Sing Dobel Tansah Nggawe Wareg! = Yang double selalu membuat perut kenyang.

Super Gede 2 – 2 pitik + Sega + Pepsi = Super gede 2 Ayam + Nasi + Pepsi

Khusus mangan ing panggonan = Khsusu untuk makan di tempat

50% off rebo spesial = Spesial Hari Rabu Diskon 50%

Contoh Teks Iklan Bahasa Indonesia

Setelah kita tahu sedikit tentang iklan bahasa Jawa, berikut ini merupakan iklan dengan menggunakan bahasa Indonesia.

langsung saja contoh teks iklan:

BIG BURGER … kapanpun dan dimanapun, selalu didampingi dengan pilihan aneka makanan dari Big Burger… Anda Pesan, Kami Antar!!! Nikmati Paket Burger Super Hanya Rp29.000; ( Pemesanan lewat 085-23456789).

Contoh Teks Iklan Koran

Koran adalah media untuk menyampaikan sebuah berita dengan media cetak. Biasanya halaman yang ada di koran hanya ada cover depan, dan paling dominan koran adalah hitam putih saja.

Contoh iklan koran yang paling banyak digunakan adalah iklan baris yang hanya terdapat pesan singkat, padat dan jelas walaupun terkadang masih banyak iklan koran yang rumit.

Nah, berikut ini adalah contoh teks iklan baris di dalam media koran:

“Ingin perjalanan liburan Anda menyenangkan, penuh diskon, aman dan nyaman? Gunakan jasa travel agen Mas Resa, dijamin puas 100%. Hubungi kontak kami, 08523456789.”

Fungsi Teks Iklan

Adapun fungsi teks teks iklan adalah sebagai berikut ini penjelasannya:

  • Sebagai media informasi, menyampaikan informasi produk baru atau layanan jasa baru, ciri-ciri produk, dan lain-lain. Fungsi ini lebih bertujuan untuk memperkenalkan produk kepada khalayak umum.
  • Sebagai persuasi, yaitu mengarahkan audiens supaya  membeli. Sesuai dengan fungsi ini, teks iklan harus bersifat persuasif atau membujuk secara halus melalui iklan .
  • Sebagai reminder (pengingat), iklan mengingatkan konsumen tentang produk yang diiklankan agar selalu menggunakan produk tersebut. Karena itu, umumnya iklan memiliki slogan yang menjadi ciri khas dari produknya.

Ok mungkin cukup sekian pembahasan yang bisa kami sampaikan tentang contoh teks iklan, semoga informasi yang kami bagikan bisa bermanfaat dan juga sebagai tambahan bahan inspirasi untuk kamu yang sedang membuat atau mengerjakan  tugas tentang iklan.

Mas Resa Penyayang kucing. Sangat hobi dengan hal yang berbau teknologi dan bisnis online 👍. [email protected]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *