Mas Resa Penyayang kucing. Sangat hobi dengan hal yang berbau teknologi dan bisnis online 👍. [email protected]

15 Contoh Iklan Televisi Merek Media Waktu

9 min read

Contoh Iklan TV

Contoh iklan televisi – Berbicara mengenai iklan televisi atau disingkat TV, siapa sih yang gak suka nonton TV. Kamu pastinya juga suka dong nonton televisi di rumah.

Teringat di tahun 2015 kebawah televisi menjadi media yang sangat populer untuk penyebaran berita terkini sebelum kini tergantikan oleh media sosial.

Akan tetapi televisi kini juga masih tetap banyak penggemarnya juga dari beberapa kalangan tertentu.

Kini saya akan berbagai informasi tentang contoh iklan televisi terbaru dilengkapi dengan pengertian, unsur, gambar, sampai kata-kata yang sering digunakan dalam iklan televisi. Langsung gas yuk pembahasan di bawah.

Pengertian Iklan Televisi

iklan televisi
merdeka.com

Televisi atau bahasa yang lebih familiar yaitu TV. Televisi (TV) adalah sebuah media elektronik yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu media hiburan dan menambah wawasan serta ilmu pengetahuan dan juga berita.

TV di Indonesia telah ada sejak lama, kini sudah ada banyalk sekali nama chanel perusahaan hiburan yang telah tayang seperti :

  1. RCTI
  2. Indosiar
  3. SCTV
  4. Kompas
  5. NET TV
  6. MNC TV
  7. TV One
  8. Global TV
  9. dan masih banyak lagi yang lainya.

Siaran dalam acara televisi juga beragam dan setiap jam tayang memiliki acara yang berbeda misalnya seperti :

  • Berita
  • Sinetron
  • Film Movie
  • Drama
  • Dan masih banyak lagi hiburan yang lainya.

Akan tetapi setiap acara dalam channel tersebut tidak sepenuhnya menayangkan acara sinetron karena ada juga tayangan iklan televisi (sponsor).

Apa yang dimaksud iklan televisi?

Iklan televisi adalah iklan yang disiarkan oleh chanel televisi yang memiliki durasi singkat berkisar antara 10 sampai 30 detik per iklannya.

Video yang tayang sebagai iklan di dalam pertengahan acara televisi juga berupa video yang membuat orang tertarik dan mengenal produk tersebut.

Namun tidak banyak orang juga yang suka menonton iklan tersebut sehingga hal yang paling sering terjadi ketika ada iklan yaitu mengganti channel tersebut, ya gak tu hehe.

tujuan dari adanya iklan televisi ini untuk memasarkan dan juga mengenalkan produk atau jasa sesuai tayangan iklan tersebut.

Unsur Iklan Televisi

unsur dalam iklan televisi
liputan6.com

Media televisi adalah media audio visual sehingga estetika yang dituntut menyangkut beberapa indra seperti penglihatan dan pendengaran.

Nah berikut ini merupakan unsur dalam iklan.

Unsur-unsur pada iklan televisi ada 4 yaitu:

  • Suara

Suara dalam iklan televisi sangat mempengaruhi rasa ketertarikan, suara dalam unsur iklan bisa berupa suara insan, , tumbuhan, musik dan efek suara lain.

  • Gambar

Gambar bisa berupa produk yang ditawarkan, namun bukan sekedar gambar bisa. Dalam gsmbar sudah berisikan produk serta dengan teknik editing yang menarik.

  • Gerak

Bergerak bisa lebih menarik daya perhatian dari para penonton.

  • Tulisan

Tulisan yang singkat, padat dan jelas, sehingga mudah dilihat dan dipahami untuk klarifikasi dari produk tersebut.

Unsur iklan televisi lebih mengutamakan tentang kualitas serta isi dan tujuan dari pengiklan bisa tersampaikan dengan durasi singkat serta menarik daya tarik kepada penonton.

Apa karakteristik ikan televisi?

Karakteristik iklan di televisi adalah suatu bentuk pesan produk yang dapat dikomunikasikan secara keseluruhan dalam bentuk audio, visual, serta gerak.

Jenis Iklan Televisi

jenis iklan televisi berdasarkan isinya
bareksa.com

Iklan yang tampil dalam televisi memiliki jenis iklan yang berupa sindikat, jaringan dan bentuk lainya.

Adapun menurut Rhenald Kasali, iklan memiliki jenis dan bentuk yang terbagi menjadi beberapa konsep.

Iklan Sponsor

Ketika suatu perusahaan atau pihak pengiklan akan menayangkan ikan. Maka seluruh biaya dalam produksi akan ditanggung mulai dari proses pembuatan dan yang lainya, semuanya akan dibiayai oleh pengiklan (sponsor).

Nah, jenis iklan televisi ini juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit, karena pihak pengiklan akan membuat acara yag berdurasi panjang.

Sehingga hal ini menjadi salah satu faktor yang membuat banyak pihak yang akan menjalin kerjasama dengan pihak sponsor.

Iklan Partisipasi

Jenis iklan ini berbeda dengan jenis iklan yang lainya. Karena dalam iklan partisipasi, hanya akan meluangkan beberapa detik saja untuk menampilkan iklan tersebut.

Iklan yang ditampilkan oleh jenis iklan partisipasi ini berdurasi antara 15, 30 sampai 60 detik saja.

Penayangan iklan juga diselipkan dalam suatu beberapa acara televisi.

Iklan Spot Announcement atau Pengumuman

Jenis iklan yang ke 3 yaitu Spot Announcements, dimana iklan ini ditempatkan di pergantian acara yang ada di siaran televisi.

Jenis iklan ini memiliki beberapa kesamaan dengan iklan partisipasi yaitu memiliki durasi singkat berkisar antara 10 sampai 60 detik.

Pemanfaatan iklan ini lebih dipergunakan oleh pengiklan lokal atau nasional.

Iklan layanan masyarakat

Iklan layanan masyarakat biasanya ditempatkan atau di sela acara, bentuk iklan ini biasanya disiarkan atas permintaan atau organisasi tertentu dengan tujuan menarik rasa solidaritas kepada masyarakat luas atau memberikan informasi yang sangat penting bagi masyarakat.

ILM atau iklan layanan masyarakat telah saya bahasa sampai tuntas di artikel saya sebelumnya di contoh iklan layanan masyarakat.

Contoh Iklan Televisi Terbaru 2022

iklan tv indonesia 2021
kreatifmedia.co

Berikut ini adalah beberapa contoh iklan TV Indonesia terbaru yang saya cantumkan beserta contoh gambarnya, potongan video yang saya ambil dari youtube.com dan saya lengkapi dengan teks naskah supaya bisa Kamu pahami.

Tanpa basa basi lagi yuk gas lah, simak contoh iklan televisi media, waktu, kesimpulan, penjelasan dari iklan makanan, minuman, elektronik sampai handphone.

Contoh Iklan Televisi Beserta Penjelasannya

samsung galaxy s20 plus bts edition harga
samsung.com

Setiap iklan yang tayang di televisi yang ada di Indonesia maupun mancanegara, pada intinya pasti memiliki maksud dan tujuan. Sehingga penjelasan dalam iklan yang tayang juga harus tersampaikan.

Bagi Kamu yang sedang membaca artikel saya ini yang mungkin adik-adik SD, SMP atau SMA yang diberikan tugas untuk memberikan penjelasan dari iklan yang ada di televisi.

Nahm berikut ini akan saya jelaskan salah satu iklan media elektronik yaitu handphone merk Samsung.

Naskah Iklan

Isi teks atau naskah yang ada di dalam iklan handphone Samsung Galaxy S20 Plus tersebut diantaranya:

Memperkenalkan Samsung Galaxy S20 Plus.

Kamera yang berubah dengan cahaya.

Dari cahaya terang untuk cahaya rendah.

Kamera yang mengubah mo lambat

untuk secara radikal lebih lambat mo.

Kamera yang membuat Anda …

Jadi kamu bisa menjadi kamu …

Semua jenis Anda

Ditambah Layar Infinity dan Surround Sound.

Kamera Konsep Baru.

Penjelasannya

Perusahaan atau brand Samsung menawarkan produk smartphonenya yang terbaru yaitu Samsung Galaxy S20 Plus.

Ada banyak sekali fitur terbaru yang dikeluarkan dari Samsung Galaxy S20 Plus ini, mulai dari segi ketajaman kamera, perekaman video lebih halus dan sempurna, OS terbaru dan fitur lainya yang semakin canggih.

Contoh Iklan Televisi Merek Media Waktu

iklan yakult di tv
yakult.co.id

Merk: Yakult

Media : Elektronik, televisi

Waktu: 10 detik

Kesimpulan :

Isi iklan Yakult di atas yaitu ajakan kepada penonton untuk membeli produk susu yaitu Yakult “Cintai ususmu minum Yakult setiap hari” untuk menjaga kesehatan.

Contoh Iklan Televisi Dan Kesimpulannya

contoh iklan sunlight
sunlight.co.id

Salah satu iklan yang paling sering muncul sepanjang tahun yaitu sunlight.

Nah, kenapa saya mengambil contoh iklan sunlight, karena iklan ini merupakan iklan yang memang sering saya jumpai sendir di dalam waktu iklan TV.

Untuk contoh kesimpulan dari iklan tersebut yaitu.

Sunlight adalah salah satu merk sabun cuci yang mampu membersihkan bekas noda yang ada di dalam piring atau yang lainya dengan bersih secara total, tanpa sisa bahan kimia. Selain itu sunlight juga memiliki kemasan baru yang kini bisa dibeli dengan harga yang cukup terjangkau yaitu cuma seribu rupiah (Rp. 1.000).

Contoh Iklan Televisi Berdasarkan Isinya

gambar hp vivo x60 pro
vivo.com

Pada dasarnya semua iklan merupakan iklan yang sesuai dengan isinya yaitu menjelaskan apa saja manfaat dan keuntungan dari suatu produk tersebut.

Contohnya iklan smartphone Vivo X60 Pro, berikut ini isi ikan yang disampaikan:

Memperkenalkan Vivo X60 Pro.

Kamera dengan megapixel terbaru

Video yang lebih stabil

Dari cahaya terang benderang

untuk cahaya rendah

Kamera yang membuat Anda

Jadi Anda bisa menjadi Anda

Semua jenis Anda

Ditambah layar infinity dan surround sound.

Kamera Konsep Baru.

Kesimpulan iklan:

Vivo X60 Pro menawarkan produk smartphone terbarunya, yakni Vivo X60 Pro. Beragam fitur keren ditawarkan pada produk terbaru ini, mulai dari kamera yang semakin canggih dengan pencahayaan yang disempurnakan sekaligus pengambilan video yang semakin halus dan sistem operasi yang lebih canggih pula.

Contoh Iklan Televisi Beserta Gambarnya

iklan indomie di tv
indomie.com

Iklan TV Indomie, sebagai brand produk mie instan yang paling legendaris untuk lidah orang Indonesia.

Mie Indomie kini ada banyak sekali varian rasa baru, seperti Indomie Hypeabis, Ayam Geprek, Mie Goreng Aceh rasa baru yang harus Kamu cobain di rumah.

Dengan munculnya iklan tersebut menjadi salah satu daya tarik kepada orang yang suka dengan mie instans produjk dai Indoemie ini, sehingga mereka bisa mencicipi produk baru dari brand yang mereka sukai.

Contoh Iklan Televisi Dalam Bahasa Inggris

gambar iklan teh pucuk harum
tehpucukharum.com

Nah, berikut ini merupakan teks iklan dalam bahasa Inggris.

Pucuk harum tea! original tea for you. cheap and simple tea bottle. get it in the store and get special price for this month.

Arti dari teks iklan diatas

Teh pucuk harum! teh asli untuk mu. murah dan dengan botol teh yang sederhana. Dapatkan di toko terdekat dengan harga spesial di bulan ini.

Contoh Iklan TV Dalam Bahasa Inggris

iklan nescafe
nescafe.com

Do you always drink a cup of coffee? need delicious coffee? Nescafe is the solution for you drink, it contains many energy for you. Drink it to spend your nice time.

Arti dari teks iklan diatas.

Apakah kamu selalu minum secangkir kopi? dan butuh kopi yang enak? Nescafe adalah solusi untuk minuman mu, ini mengandung banyak energi untuk mu. minumlah untuk menghabiskan waktu-waktu indah mu.

Contoh Iklan Di Televisi Beserta Kata Kuncinya

gambar pegipegi
pegipegi.com

Tidak hanya berdasarkan kesimpulan, setiap ikaln juga memiliki kata kunci atau kata unggulan untuk bisa disimopan pada setiap memori penonton.

Conton iklan TV yang memaki kata kunci dan penonton bisa mengingatnya dengan mudah dan isi dalam iklan tersebut tersampaikan yaitu: Pegi-Pegi.

kenapa saya mengambil contoh iklan pegi-pegi bukan karena endorse atau apa, karena dengan tayangnya iklan Pegi-Pegi saya sendiripun merasa tahu dan cepet ingat bahwa ini merupakan iklan yang sangat cocok dimanfaatkan ketika bepergian keluar kota.
Pegi-Pegi itu sendiri merupakan salah satu platform yang diilankan kepada penonton untuk pembelian tiket kereta api, pesawat, hotel dan yang lainya.

Kata kunci: Pegi-pegi, tiket hotel, tiket kerata api, booking hotel dan masih banyak lagi kata kunci yang lainya.

Contoh Iklan Elektronik TV Beserta Pesan Dan Daya Tariknya

iklan handphone
merdeka.com

Handphone merupakan salah satu produk elektronik yang terus berkembang dan paling banyak digemari oleh beberapa kalangan masyarakat di Indonesia.

Ketika perusahaan handphone telah meluncurkan produk barunya, salah satu pemasarannya adalah mengiklankan produk baru tersebut supaya penonton bisa tahu jenis sampai spesifikasi handphone tersebut.

Contoh gambar diatas adalah salah satu gambar iklan hp Oppo Reno.

Selain itu masih ada banyak sekali iklan elektronik handphone seperti Xiaomi, Samsung, iPhone, Asus, Realme, Vivo, Advan, dan merk Hp lain yang sering tayangkan di televisi.

ketika iklan elektronik ditayangkan, ada beberapa hal yang wajib sekali untuk ditayangkan seperti detail gambar serta informasi mengenai spesifikasi dan keunggulannya.

Contoh Iklan Televisi Tentang Makanan

iklan pizza hut terbaru 2021
pizzahut.co.id

Menonton televisi bersama keluarga memang momen yang sangat menyenangkan suasana hati lebih asik makan-makanan ringan ataupun makan berat.

Pernah gak sih kamu ketika menonton TV kemudian ada iklan contoh iklan dari Pizza Hut, pastinya ngiler kan dan pengen banget untuk segera order dari rumah.

Pizza Hut adalah salah satu dari sekian banyaknya iklan yang kerap muncul di dalam televisi.

Selain Pizza Hut ada banyak sekali iklan tentang makanan yang muncul di dalam iklan televisi seperti:

  • Domino Pizza
  • Burger King
  • Sari Roti
  • KFC
  • Indomie
  • Beng-beng
  • Chitato
  • Mie Sedap
  • Sosis So Nice
  • Chocolatos
  • Tango
  • Biskuit Roma
  • Biskuat
  • dan masih banyak lagi.

Jadi apa makanan kesukaan kamu ketika menonton tulis di kolom komentar ya.

Contoh Iklan Televisi Tentang Minuman

iklan pocari sweat indonesia
pocarisweat.id

Minuman apa hayo yang paling kamu sukai?

Nah, mungkin kamu tahu produk minuman ini pun juga dari iklan yang tampil di televisi bertepatan ketika Kamu sedang menonton.

Salah satu iklan di televisi tentang minuman yang sering kali diingat waktu bulan puasa mungkin adalah Pocari Sweat. Iklan Pocari Sweat yang dibintangi oleh Ayana Moon, JKT 48, Yuki Sasou dan yang lainya.

Selain itu ada banyak sekali iklan minuman yang sering muncul juga seperti contoh produknya:

  • Coca Cola
  • Sprite
  • Fanta
  • Teh Botol Sosro
  • Floridina
  • Teh Kotak
  • Buavita
  • dan yang lainya.

Dan dari setiap produk ini memiliki ciri-ciri yang berbeda untuk menjadi kekhasan dari kemasan dan juga daya tarik dengan kemasan yang unik dan menarik.

Kata-kata Iklan Di TV 2022

gambar contoh iklan televisi
owntalk.co.id

Tagline atau kata-kata dalam iklan adalah salah satu karakteristik yang tidak bisa dipisahkan dari iklan apapun itu jenis produknya.

Ketika iklan tayang dan memiliki tagline atau kata-kata iklan, maka dengan tagline ini orang akan lebih ingat tentang produk tersebut. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali kata-kata iklan yang sering tayang dan dikenal oleh banyak kalangan masyarakat.

Ada banyak sekali produsen iklan yang berlomba-lomba dalam mencari inspirasi kata-kata yang sangat cocok untuk iklan produk mereka.

Secara tidak sadar dengan kata-kata iklan, hal ini akan membuat orang terngiang-ngiang akan iklan tersebut ketika menonton pertama saja langsung tertarik.

Itulah hebatnya kata-kata dalam iklan.

Selain kata-kata iklan juga diiringi dengan musik, atau backsound dan pengisi suara atau dubbing.

Nah berikut ini merupakan contoh kata-kata iklan televisi yang telah dipakai oleh perusahaan besar dan telah tayang di dalam TV.

  1. Indomie … seleraku
  2. Gak ada loe gak rame
  3. Tango, satukan semua perbedaan
  4. Main bareng, bukan jaim bareng
  5. Oreo diputar, dijilat, dicelupin
  6. Sosis So Nice, Tinggal lep
  7. Kacang garuda, ini kacangku
  8. Cintailah produk-produk Indonesia
  9. Cara asik tunda lapar, Okky Jelly Drink!
  10. Mastin good, kulit manggis kini ada ekstraknya
  11. Aku gak punya pulsa
  12. Soyjoy, fruit soy bar
  13. Orang pintar minum tolak angin
  14. Permen kiss, udah wangi bisa ngomong
  15. Maybe yes, maybe no
  16. Kopiko gantinya ngopi
  17. Dag dig dug duer Daia
  18. Kopi kapal api jelas lebih enak
  19. Buat anak kok coba-coba
  20. Silverqueen Chunky Bar, Gede sih tapi rela bagi-bagi
  21. Susu saya susu Bendera
  22. Ayam ku mana?
  23. Marina UV White
  24. Wani piro
  25. Aku dan kau, suka Dancow
  26. Afiqah, iyaaa..
  27. Pocari sweat, kembalikan ionmu
  28. Good…
  29. Apapun makanannya, minumnya teh botol Sosro
  30. Karena rasa nggak pernah bohong, Bango, benar-benar kecap

Contoh Naskah Iklan Televisi

Naskah dalam iklan atau bisa disebut juga dengan skrip teks yang berisikan sebuah catatan untuk dibaca atau dihafal yang nantinya digunakan sebagai dubbing iklan televisi.

Mengapa naskah dalam iklan televisi perlu dirancang dan dibuat.

Ya pastinya perlu dan memiliki banyak sekali keuntungan dengan membuat skrip teks iklan.

  1. Kata-kata seorang dubbing bisa lebih tertata
  2. Terhindar dari kesalahan kata
  3. Lebih rapi
  4. Dengan naskah, iklan akan lebih terencana dengan baik

Adapun contoh naskah atau skrip teks tulisan dalam pembuatan iklan sebagai berikut.

iklan tv
Naskah iklan televisi
skrip teks iklan televisi
Contoh naskah iklan di televisi
contoh naskah iklan televisi
Contoh teks iklan televisi

Kelebihan Dan Kelemahan Iklan Televisi

Televisi merupakan salah satu media yang sangat bisa untuk menjangkau masyarakat luas. Mudah saja, coba tengok di kanan kiri Kamu deh, sekarang ini sudah banyak sekali kan yang memiliki televisi pribadi.

Ya jujur saja ni ya, di tahun saya masih kecil saya sendiri  suka numpang nonton televisi di rumah tetangga.

Era yang kini telah berkembang, massa televisi dan gadget kini kita bisa menonton acara televisi tidak di TV melainkan di aplikasi yang ada di smartphone atau hp masing-masing.

Dengan jangkauan yang luas ini lah para pengusaha mulai memanfaatkan program iklan televisi

Iklan melalui media televisi memiliki banyak sekali kelebihan, dan beberapa diantaranya sebagai berikut ini penjelasannya:

Kelebihan Iklan Televisi

  1. Membuat produk lebih cepat dikenal oleh orang atau calon konsumen
  2. Dengan adanya iklan, manfaat dan kegunaan akan bisa tersampaikan dengan lebih jelas walaupun hanya sekilas.
  3. Membuat orang lebih tertarik atau peminat dengan lebih cepat, hal ini dapat terjadi karena jangkauan yang disebarkan oleh iklan televisi lebih luas dan merata.

Akan tetapi dari setiap kelebihan yang ada pada iklan televisi, ada beberapa kekurangan yang mungkin bisa Kamu pelajari juga, diantaranya:

Kelemahan Iklan Televisi

  1. Cuan bisa dibilang masalah anggaran dana yang dikeluarkan untuk beriklan juga sangat mahal.
  2. terkadang dengan beriklan di televisi, kita sudah berekspansi sangat tinggi tanpa memikirkan resiko yang akan terjadi.
  3. Penonton tidak suka dengan iklan miliki kita, karena ada banyak sekali persaingan dan mungkin bisa juga karena keana orang ketika jeda dalam sinetron atau film yang ditonton, ketika ada jeda tersebut berpindah ke channel televisi lain.
  4. Karena iklan televisi sangat mahal banyak sekali pengusaha kini yang memanfaatkan media sosial sebagai media untuk menyalurkan iklan dengan biaya yang lebih minim, namun lebih over power.

Mungkin cukup sampai sekian pembahasan yang bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat ya, Terimakasih.

Mas Resa Penyayang kucing. Sangat hobi dengan hal yang berbau teknologi dan bisnis online 👍. [email protected]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *