Mas Resa Penyayang kucing. Sangat hobi dengan hal yang berbau teknologi dan bisnis online 👍. [email protected]

Ciri CIri Bahasa Iklan Yang Paling Banyak Digunakan

2 min read

contoh gambar iklan

Ciri ciri bahasa iklan – Salah satu ciri-ciri bahasa iklan adalah memikat dan memiliki sugesti baik itu untuk iklan media cetak maupun media elektronik.

Iklan menjadi salah satu media promosi yang paling efektif dalam memasarkan berbagai macam produk dan layanan jasa, selain itu juga iklan memiliki jangkauan yang lebih luas.

Dalam menyampaikan iklan kepada audiens dibutuhkan perantara atau meida. Media yang bisa digunakan untuk berpromosi iklan dapat berupa media cetak hingga media elektronik seperti:

  • Majalah
  • Koran
  • Radio
  • Televisi
  • Handphone
  • Media Sosial (Internet) dan masih banyak lagi.

Lantas apa saja yang dimaksud dengan iklan? Apa saja bahasa iklan yang paling banyak digunakan oleh media elektronik dan media cetak? mari kita simak bersama pembahasan dibawah ini.

Pengertian Iklan

iklan yang baik dan benar
markey.id

Menurut para ahli yaitu Rhenald Kasali (dalam buku Creating Effective Marketing Planning karya Freddy Rangkuti), iklan adalah pesan yang menawarkan suatu produk dan jasa yang ditujukan kepada masyarakat melalui perantara media massa. Iklan dapat dikelompokkan menjadi iklan keluarga, iklan niaga, iklan pengumuman, iklan baris, dan iklan masyarakat.

Sedangkan Menurut Berkman dan Gilson (1980), berpendapat bahwa iklan merupakan suatu media komunikasi persuasif yang disusun dengan sedemikian rupa untuk bisa mendapatkan respon dan tujuan pemasaran.

Iklan media cetak dan media elektronik merupakan iklan yang paling sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu iklan juga memiliki beberapa fungsi kebahasaan diantaranya:

Sebagai media untuk menyampaikan sebuah informasi baik itu untuk komersial maupun nonkomersial.

Sebagai persuasi yang mengarahkan audiens supaya menjadi konsumen untuk membeli dan terjadinya transaksi.

Untuk pengingat (reminder) kepada konsumen atau pelanggan terutama bagi pelanggan tetap dan pelanggan baru supaya tetap menggunakan produk tersebut.

Ciri Ciri Bahasa Iklan

iklan media cetak
pahlevi.net

Sebutkan ciri-ciri bahasa iklan yang baik dan benar?

Pertanyaan seperti ini sangat sering muncul dalam pelajaran bahasa Indonesia terutama untuk kelas 3 dan 5 SD (Sekolah Dasar).

Penggunaaan bahasa dalam membuat sebuah iklan sangat diperlukan. Kaidah kaidah iklan harus tersampaikan dengan baik supaya mudah untuk dimengerti dan dipahami.

Berdasarkan teks kajian dan struktur kebahasaan yang dilansir dari sebuah karya Taufiqur Rahman S.Pd tahun 2017:60 beliau menyampaikan ciri-ciri kebahasaan iklan sebagai berikut ini.

Memakai Slogan

Menurut KBBI slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik dan mudah diingat untuk memberikan pemberitahuan atau informasi sesuatu dengan kalimat pendek yang menarik, mencolok dan mudah diingat.

Secara umum slogan adalah perkataan atau kalimat yang menarik. Slogan biasanya terdiri atas 4 sampai 5 kata sehingga lebih mudah untuk diingat supaya lebih mudah untuk diterima dan dipahami oleh audiens.

Menggunakan Kalimat Persuasif

Kalimat persuasif adalah kalimat yang memiliki tujuan untuk lebih meyakinkan dan membujuk para audiens supaya bisa menerima suatu gagasan yang telah dibuat.

Nah, contoh kalimat persuasif dalam iklan produk yaitu:

“Jika tidak pasang sekarang, kapan lagi? Kunjungi outlet terdekat kami.”

Menggunakan Orang Sebagai Subjek Pertama

Iklan lebih banyak menggunakan subjek orang pertama tunggal atau jamak, seperti “aku”, “saya”, dan “kami” untuk mengganti pihak brand atau instansi pemasang iklan.

Bahasa Iklan Singkat Padat Dan Jelas

Iklan yang baik itu lebih menyajikan pesan yang singkat namun berbobot, dan isi pesan jelas supaya dapat diterima dengan baik oleh audiens. 

Bahasa yang digunakan juga memikat dan memiliki daya sugesti, namun masih tetap objektif. Jangan lupa untuk menggunakan kata-kata berkonotasi positif agar lebih dipercaya oleh audiens.

Ciri Ciri Bahasa Iklan Media Cetak Dan Elektronik

  • Menggunakan bahasa yang sopan, singkat dan jelas.
  • Menggunakan bahasa yang menarik dan memikat.
  • Bahasa yang digunakan memiliki daya sugesti.
  • Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.
  • Isi iklan bersifat jujur dan obyektif.
  • Menggunakan kata konotasi positif.

Mungkin cukup sekian pembahasan yang bisa disampaikan semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk membaca artikle kami sebelumnya tentang jenis jenis iklan.

Mas Resa Penyayang kucing. Sangat hobi dengan hal yang berbau teknologi dan bisnis online 👍. [email protected]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *